Sistem Kesehatan Nasional | SKN

PENGERTIAN SKN
SKN adalah suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya Bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum seperti dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945.

2. LANDASAN SKN

A. Landasan idiil yaitu Pancasila

B. Landasan konstitusional yaitu UUD 1945, khususnya:

  1. Pasal 28 A; setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.
  2. Pasal 28 B ayat (2); setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, & berkembang.
  3. Pasal 28 C ayat (1); setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan & memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan & teknologi, seni & budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.
  4. Pasal 28 H ayat (1); setiap orang berhak hidup sejahtera lahir & batin, bertempat tinggal, & mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan, dan ayat (3); setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.
  5. Pasal 34 ayat (2); negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyak & memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan,dan ayat (3); negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.

3. Prinsip dasar SKN :

Perikemanusiaan, Hak Asasi Manusia, Adil dan Merata, Pemberdayaan & Kemandirian Masyarakat, Kemitraan, Pengutamaan dan Manfaat, Tata kepemerintahan yang baik

4. Tujuan SKN

Terselenggaranya pembangunan kesehatan oleh semua potensi bangsa, baik masyarakat, swasta maupun pemerintah secara sinergis, berhasil-guna dan berdaya-guna, sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya

5. Kedudukan SKN

  1. Supra Sistem SKN
  2. Kedudukan SKN terhadap sistem nasional lain
  3. Kedudukan SKN terhadap Sistem Kesehatan Daerah (SKD
  4. Kedudukan SKN terhadap berbagai sistem kemasyarakatan termasuk swasta

Comments

  1. yah, semoga apa yang menjadi tujuan SKN dapat terlaksana dengan baik dan sukses....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Judul Skripsi Kesehatan Masyarakat | AKK

Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja

+300 Judul Skripsi Kesehatan